Beruntunglah Manusia yang diciptakan Allah dengan segala kesempurnaan, diberi pancaindra, Hati. Untuk bersyuk
ur, dan akal untuk berfikir, mencari rahasia alam, mengolahnya. Allah menciptakan manusia dari tidak tahu apa-apa menjadi tahu, dengan belajar, otak berkembang dengan berjalannya waktu. Dengan otak manusia berfikir, mempergunakan seluruh pancaindranya dalam menangkap kebesaran dan ilmu Allah.
(S.16:78),“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”,.
Akal yang diciptakan Allah untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Tampa berfikir dan mempergunakan akalnya dan hatinya manusia tidak akan berkembang sesuai dengan fitrahnya.
Akal yang diciptakan Allah untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Tampa berfikir dan mempergunakan akalnya dan hatinya manusia tidak akan berkembang sesuai dengan fitrahnya.
(S.13:3) “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan
Manusia seperti disebutkan dalam Al-Quran, diberikan kesempurnaan rupa, akal, pancaindra, hati. Untuk menjadi Khalifah dimuka bumi ini manusia harus cerdas , tidak hanya cerdas otaknya saja , tapi juga cerdas emosi dan spiritualnya.
Zohar dan Marshall menjelaskan tentang kecerdasan sebagai berikut ini bahwa: Kecerdasan intelektual (IQ) ada di korteks serebrum atau otak besar. Kecerdasan emosional (EQ) ada di sistem limbik atau otak dalam, yang terdiri dari thalamus, hypotalamus dan hippocampus. Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) ada di frontal lobus
Secara Medis Otak manusia, adalah organ yang unik dan dasyat, tempat diaturnya proses berfikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan kepribadian, secara garis besar, otak terbagi dalam 3 bagian, yaitu neocortek atau cortex cerebri , system limbik dan batang otak, yang berkerja secara simbiosis. Bila neocortex berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa, maka sistek limbic berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional, dan batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik, Ketiganya bekerja bersama saling mendukung dalam waktu yang bersamaan , tapi juga dapat bekerja secara terpisah.
Kerusakan sedikit saja pada otak akan membawa dampak yang luar biasa pada seseorang . seperti operasi otak, akibat stroke, pasien yang pernah mengalami stroke, setelah sembuh banyak yang mengalami perubahan kepribadian.
Otak yang pernah mengalami perdarahan, trauma, misalnya seperti akibat stroke ataupun operasi contohnya pada otak depan atau frontal bagian ventromedial akan timbul gejala si pasien akan kehilangan moral, tatakrama, tidak bisa memdudukan diri pada posisi semestinya. Seorang laki-laki bernama Gage usia 25 tahun bekerja di Burlington New England mengalami kecelakaaan kerja, ketika sebuah besi baja menembus kepalanya dan merusak frefrontal otak, ia lolos dari maut setelah operasi tapi setelah sembuh malah menjadi orang baru , dari yang ramah , tidak mudah marah, disiplin menjadi orang yang kasar, mudah tersinggung, tidak disiplin, Gage berubah menjadi orang yang asing, yang kehilangan aspek moralitas.
Bagian limbik yang menjadi pusat emosi yang berada di amygdala dan hippocampus berfungsi mengatur emosi manusia dan memori emosi, menunjukan seorang penderita epilepsi yang mendapat terapi operasi otak dengan diangkatnya amigdala dan hypocampus memperlihatkan gejala hiperseks dan rakus setelah operasi.
Menurut seorang ahli bedah otak dari Amerika bernama Vilyanur Ramachandran bahwa ada “God Spot “ di lobus temporalis. Orang yang mengaku ateis secara lisan , hati kecilnya pasti akan mengakui bahwa ada Tuhan yang mungkin tidak dikenalnya tapi dia rasakan, karena memang adanya Got spot di bagian temporal manusia menunjukan bahwa Tuhan sebenarnya telah memperkenalkan dirinya pada manusia, tapi kadang manusia lalai dan tidak mau mengakui keberadaannya.
Otak manusia mempunyai berat 2% dari berat badan orang dewasa (3 pon) , menerima 20 % curah jantung dan memerlukan 20% pemakaian oksigen tubuh dan sekitar 400 kilokalori energi setiap harinya. Otak merupakan jaringan yang paling banyak memakai energi dalam seluruh tubuh manusia dan terutama berasal dari proses metabolisme oksidasi glukosa. Jaringan otak sangat rentan terhadap perubahan oksigen dan glukosa darah, aliran darah berhenti 10 detik saja sudah dapat menghilangkan kesadaran manusia. Berhenti dalam beberapa menit , merusak permanen otak. Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan juga merusak jaringan otak.
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Otakterbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melingungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensial aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang di kenal sebagi sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vetebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milliar neuron.
Manusia pun diberi akal untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia
Manusia seperti disebutkan dalam Al-Quran, diberikan kesempurnaan rupa, akal, pancaindra, hati. Untuk menjadi Khalifah dimuka bumi ini manusia harus cerdas , tidak hanya cerdas otaknya saja , tapi juga cerdas emosi dan spiritualnya.
Zohar dan Marshall menjelaskan tentang kecerdasan sebagai berikut ini bahwa: Kecerdasan intelektual (IQ) ada di korteks serebrum atau otak besar. Kecerdasan emosional (EQ) ada di sistem limbik atau otak dalam, yang terdiri dari thalamus, hypotalamus dan hippocampus. Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) ada di frontal lobus
Secara Medis Otak manusia, adalah organ yang unik dan dasyat, tempat diaturnya proses berfikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan kepribadian, secara garis besar, otak terbagi dalam 3 bagian, yaitu neocortek atau cortex cerebri , system limbik dan batang otak, yang berkerja secara simbiosis. Bila neocortex berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa, maka sistek limbic berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional, dan batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik, Ketiganya bekerja bersama saling mendukung dalam waktu yang bersamaan , tapi juga dapat bekerja secara terpisah.
Kerusakan sedikit saja pada otak akan membawa dampak yang luar biasa pada seseorang . seperti operasi otak, akibat stroke, pasien yang pernah mengalami stroke, setelah sembuh banyak yang mengalami perubahan kepribadian.
Otak yang pernah mengalami perdarahan, trauma, misalnya seperti akibat stroke ataupun operasi contohnya pada otak depan atau frontal bagian ventromedial akan timbul gejala si pasien akan kehilangan moral, tatakrama, tidak bisa memdudukan diri pada posisi semestinya. Seorang laki-laki bernama Gage usia 25 tahun bekerja di Burlington New England mengalami kecelakaaan kerja, ketika sebuah besi baja menembus kepalanya dan merusak frefrontal otak, ia lolos dari maut setelah operasi tapi setelah sembuh malah menjadi orang baru , dari yang ramah , tidak mudah marah, disiplin menjadi orang yang kasar, mudah tersinggung, tidak disiplin, Gage berubah menjadi orang yang asing, yang kehilangan aspek moralitas.
Bagian limbik yang menjadi pusat emosi yang berada di amygdala dan hippocampus berfungsi mengatur emosi manusia dan memori emosi, menunjukan seorang penderita epilepsi yang mendapat terapi operasi otak dengan diangkatnya amigdala dan hypocampus memperlihatkan gejala hiperseks dan rakus setelah operasi.
Menurut seorang ahli bedah otak dari Amerika bernama Vilyanur Ramachandran bahwa ada “God Spot “ di lobus temporalis. Orang yang mengaku ateis secara lisan , hati kecilnya pasti akan mengakui bahwa ada Tuhan yang mungkin tidak dikenalnya tapi dia rasakan, karena memang adanya Got spot di bagian temporal manusia menunjukan bahwa Tuhan sebenarnya telah memperkenalkan dirinya pada manusia, tapi kadang manusia lalai dan tidak mau mengakui keberadaannya.
Otak manusia mempunyai berat 2% dari berat badan orang dewasa (3 pon) , menerima 20 % curah jantung dan memerlukan 20% pemakaian oksigen tubuh dan sekitar 400 kilokalori energi setiap harinya. Otak merupakan jaringan yang paling banyak memakai energi dalam seluruh tubuh manusia dan terutama berasal dari proses metabolisme oksidasi glukosa. Jaringan otak sangat rentan terhadap perubahan oksigen dan glukosa darah, aliran darah berhenti 10 detik saja sudah dapat menghilangkan kesadaran manusia. Berhenti dalam beberapa menit , merusak permanen otak. Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan juga merusak jaringan otak.
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Otakterbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melingungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensial aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang di kenal sebagi sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vetebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milliar neuron.
Manusia pun diberi akal untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia
Bab II
Otak Dan Fungsinya
A.Lima Pembagian utama Otak Manusia Secara Anatomi
Otak Dan Fungsinya
A.Lima Pembagian utama Otak Manusia Secara Anatomi
1. Telensefalon (endbrain)
Hemisferum serebri
Korteks serebri
Rhinensefalon (sistem limbik)
Basal Ganglia
Nukleus Kaudatus
Nukleus lentikularis
Klaustrum
Amigdala
2. Diensefalon (interbrain)
Epitalamus
Talamus
Subtalamus
Hipotalamus
3. Mesensefalon (midbrain)
Korpora quadrigemina
Kolikulus superior
Kolikulus inferior
Tegmentum
Nukleus ruber
Substantia nigra
Pedunkulus serebri
4. Metensefalon (afterbrain)
Pons
Serebelum
5. Mienlesefalon (marrow brain)
Medula Oblongata
Hemisferum serebri
Korteks serebri
Rhinensefalon (sistem limbik)
Basal Ganglia
Nukleus Kaudatus
Nukleus lentikularis
Klaustrum
Amigdala
2. Diensefalon (interbrain)
Epitalamus
Talamus
Subtalamus
Hipotalamus
3. Mesensefalon (midbrain)
Korpora quadrigemina
Kolikulus superior
Kolikulus inferior
Tegmentum
Nukleus ruber
Substantia nigra
Pedunkulus serebri
4. Metensefalon (afterbrain)
Pons
Serebelum
5. Mienlesefalon (marrow brain)
Medula Oblongata
Ketika lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel otak yang aktif dan 900 miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai cabang hinggá 10.000 cabang dendrit yang dapat membangun sejumlah satu kuadrilion (angka 1 diikuti dengan 15 angka nol) koneksi. komunikasi.perkembangan otak pada minggu-minggu pertama lahir diproduksi 250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang dengan terjadinya koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin berkembanglah kecerdasan anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di stimulasi, tampa stimulasi yang baik , potensi ini akan tersia-siakan.
Human Brain
Weighing about of 1.3 kg (3 lb) and containing 100 billion neurons, the human brain is a marvel of evolution. Complex interactions between neurons produce psychological processes, including learning, memory, emotion, thinking, and perception.
Oxford Scientific Films/London Scientific Films
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.
Weighing about of 1.3 kg (3 lb) and containing 100 billion neurons, the human brain is a marvel of evolution. Complex interactions between neurons produce psychological processes, including learning, memory, emotion, thinking, and perception.
Oxford Scientific Films/London Scientific Films
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.
B. Fungsi Otak kanan dan kiri
Roger Sperry ahli syaraf yang mendapat nobel tahun 1982, menyatakan bahwa didalam di kepala manusia ini ada 2 otak yang dibagi dalam 2 bagian yaitu otak kiri dan kanan sehingga ada 2 pikiran yaitu pikiran rasional dan intuitif.
Ada 8 kecerdasan yang kita kenal sampai saat ini seperti kecerdasan verbal, kecerdasan intrapersonal , kecerdasan kinestetik, naturalis, dan lain-lain. Pada dasarnya setiap orang berpotensi mempunyai beberapa jenis kecerdasan.
Orang yang dominan otak kanannya cenderung berprofesi sebagai pelukis, seniman, penyanyi, pemain musik.
Seorang genius seperti Eisteins selain memiliki kecerdasan matemátika, iapun mempunyai kecerdasan musik, spasial. Habibie mantan menteri reset dan tehnologi dan mantan presiden Republik Indonesia kita, mempunyai kecerdasan matemátika, musik dan mempunyai hobi fotografer yang juga berapresiasi seni yang tinggi
Ada 8 kecerdasan yang kita kenal sampai saat ini seperti kecerdasan verbal, kecerdasan intrapersonal , kecerdasan kinestetik, naturalis, dan lain-lain. Pada dasarnya setiap orang berpotensi mempunyai beberapa jenis kecerdasan.
Orang yang dominan otak kanannya cenderung berprofesi sebagai pelukis, seniman, penyanyi, pemain musik.
Seorang genius seperti Eisteins selain memiliki kecerdasan matemátika, iapun mempunyai kecerdasan musik, spasial. Habibie mantan menteri reset dan tehnologi dan mantan presiden Republik Indonesia kita, mempunyai kecerdasan matemátika, musik dan mempunyai hobi fotografer yang juga berapresiasi seni yang tinggi
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.
Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal, menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfikir otak kanan lebih bersifat acak, tidak teratur,intuitif, holistik, bersifat non verbal, kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan warna, kreativitas, visualisasi. (Bobbi De Potter,1999, 37 – 38)
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil (Bobbi De Potter, 1999, 38)
Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap 1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2 komponen utama , korteks otak yang menata fungís-fungsi kognitif, serta limbik sistem yang menata fungsi emosi
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil (Bobbi De Potter, 1999, 38)
Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap 1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2 komponen utama , korteks otak yang menata fungís-fungsi kognitif, serta limbik sistem yang menata fungsi emosi
Skema pembagian otak yang terbagi menjadi 4 Quadran menurun Herrmann 1996: 162
Taufik Pasiak:2006:19
Taufik Pasiak:2006:19
C.Anatomy dan gejala akibat stroke
Otak kita terdiri dari 3 komponen: otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brain stem)
Bagian otak yang bila dirusak oleh stroke Gejala kerusakan
Wernicke’s area ( pusat bahasa) Kesulitan berbicara, memahami pembicaraan bingung membedakan kiri dan kanan, sulit dalam membaca, menulis, menamai obyek, berhitung.
Broca’s area (berbicara) Kesulitan dalam berbicara dan kadang-kadang menulis.
Lobus Parietal kiriHilangnya koordinasi antara lengan kanan dan tungkai
Facial and limb areas of the motor cortex on the left side of the brain Paralisis lengan kanan dan tungkai dan bagian kanan wajah
Facial and arm areas of the sensory cortex Hilangnya sensasi lengan kanan dan bagian kanan penglihatan pada kedua mata
Wernicke’s area ( pusat bahasa) Kesulitan berbicara, memahami pembicaraan bingung membedakan kiri dan kanan, sulit dalam membaca, menulis, menamai obyek, berhitung.
Broca’s area (berbicara) Kesulitan dalam berbicara dan kadang-kadang menulis.
Lobus Parietal kiriHilangnya koordinasi antara lengan kanan dan tungkai
Facial and limb areas of the motor cortex on the left side of the brain Paralisis lengan kanan dan tungkai dan bagian kanan wajah
Facial and arm areas of the sensory cortex Hilangnya sensasi lengan kanan dan bagian kanan penglihatan pada kedua mata
E.Law of Attaction
Law of attraction sebuah teori yang diranngkum dari buku yang berjudul secret karangan Rhonda Byrne, dalam buku yang menjadi best seller tersebut dikatakan jika berfikiran baik maka pikiran itu akan memancar keseluruh alam semesta dan kembali lagi kepada kita dalam bentuk kenyataan, begitu pula ketika mengeluh akan hidup kita dan menyatakan tidak, maka pengaruh negatip akan menarik kearah kita, itu lah yang disebut hukum gaya tarik, ketika kita berpikiran positif maka yang positif akan mempengaruhi kehidupan kita. Kekuatan berfikir mempengaruhi alam semesta. Secara ilmiah pikiran positif mempunyai kehebatan yang luar biasa, kita harus menikmati hidup dan pikiran kita, kita pencipta pikiran kita sendiri, kita hidup didunia ini semua yang ada yang disekeliling kita, bahwa kita menarik apapun yang ada dipikiran kita, pikiran mempengaruhi emosi kita, ada perasaan negatip seperti marah, cemburu, dendam , kebencian, ini disebut getaran yang negatif, apa yang kita pikirkan itu yang akan berbalik kekita, kita kan mendapatkan apa yang kita rasakan. Gaya berfikir kita mempengaruhi orang lain dan sekitar kita, alam semesta bereaksi dengan pikiran kita, apa yang kita pikirkan dan yang kita rasakan, Winston Churchill (1874-1965) mengatakan anda menciptakan alam semesta sendiri sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own universe as you go along .
Pada saat kita merasakan kesedihan, putarkan sebuah lagu yang indah, maka kita akan mulai merasa lebih baik, kita melihat anak kita tau hewan peliharaan kita, kita akan merasa senang, hidup ini sangat luar biasa.
Bayangkan cerita aladin , ketika dia menggosok lampu ajaibnya ada 3 keinginan tapi keinginan itu tidak terbatas, alam semesta adalah jin Jiny dan jin Jiny selalu mengatakan your are wish is my comend, , alam semesta bereaksi dengan alam pukiran kita.
Bagaimana proses gaya tarik ini bertama ketika kita mengingikan sesuatu kita akan :(1 ). ask. Ketika bertanya apa yang kita inginkan , misalnya seorang anak kecil berumur 6 tahun ingin mempunyai sepeda; (2) unswer, alamsemsta mulai mengatur diri kita terhadap apa yang kita inginkan, anda tidak perlu tahu bagaimana alam semsta ini berekaksi , alam semsta menjawab, (3) menerima, bila itu tidak terlaksana maka kita menyadari keinginannkan, kita wujudkan sedikit-sedikit apa yang kita inginkan, seperti cerita anak kecil tadi , dia dapat menggambar sebuah sepeda dan menggambar dia menaiki sepeda tersebut, dan suatu hari orang tua atau kakeknya mengetahui, dan terjadilah apa yang diinginkannya, karena fansasi itu akan berubah jadi kenyataan .
Jangan mengatakan aku ingin ini, tapi merasakan tidak bisa., kita harus langsung bereaksi dengan kecepatan , kita harus memperhatikan apa yang kita inginkan, contohnya kita seperti kita naik mobil dalam malam yang , dengan jarak pandang hanya 6 meter dari lampu mobil , dan itulah kehidupan, kita berjalan sedikit-demi sedikit menggapai tujuan kita, dan semua rahasia kehidupan terbuka sedikit demi sedikit didepan kita sebagai sesuatu yang kita sendiri akan tercengang mendapatkannya…
Jangan menduga-duga, bertindaklah, itu tugas kita, , anda akan menarik yang anda inginkan, berilah perhatian yang penuh pada yang anda inginkan, anda mulai perlahan-lahan dari yang tidak ada, dengan cara yang tidak ada menjadi sesuatu yang ada
Dr. Luther Martin King Jr. mengatakan Take the first step in faith, you don’t have to see the whole staircase , just take the first step, ambilah langkah pertama dengan penuh keyakitan , anda tidak harus melihat semua anak tangga cukup langkah di anak tangga pertama.
Kapan dapat terwujud, berkaitan dengan hubungan keselarasan kita dengan alam semesta.. bagaimana kita menarunya, bayangkan tempat yang anda inginkan dan anda akan mendapatkannya, banyak orang yang merasa terpenjara dalam dirinya, karena kita terus berfikir itu terus menerus, kita memikirkan itu hukum daya tarik bekerja, kebanyakan ,kita mendapatkan yang kita pikirkan.
Budha mengatakan, all that we are is the result of what we have thought , kita adalah hasil dari apa yang kita pikirkan.
DR. Joe Vitale MSC. D (metaphysician) Powerful processes : 1 gratitude (mulai dengan membuat daftar hal-hal yang anda syukuri. Menghargai dan bersyukur akan menarik hal hal yang baik bagi dirikan, focus pada hal yang kita hargai dari pada diri kita. Jangan berfikir terhadap yang tidak kita miliki , tapi yang kita punya, 2. visualize (processes membayangkan dalam pikiran. Dr Denus Wattley Ph.D Psychologist. Mengadakan penelitian seorang atlit di suruh membayangkan dia sedang berlari . dengan visulisasi sama ketika mereka bertanding, didapatkan otot-otot mereka bereaksi sama dengan ketika mereka berlari, hal ini karena otak tidak dapat membedakan apakah ini dilakukan secara khayal atau secara real.
Pada saat kita merasakan kesedihan, putarkan sebuah lagu yang indah, maka kita akan mulai merasa lebih baik, kita melihat anak kita tau hewan peliharaan kita, kita akan merasa senang, hidup ini sangat luar biasa.
Bayangkan cerita aladin , ketika dia menggosok lampu ajaibnya ada 3 keinginan tapi keinginan itu tidak terbatas, alam semesta adalah jin Jiny dan jin Jiny selalu mengatakan your are wish is my comend, , alam semesta bereaksi dengan alam pukiran kita.
Bagaimana proses gaya tarik ini bertama ketika kita mengingikan sesuatu kita akan :(1 ). ask. Ketika bertanya apa yang kita inginkan , misalnya seorang anak kecil berumur 6 tahun ingin mempunyai sepeda; (2) unswer, alamsemsta mulai mengatur diri kita terhadap apa yang kita inginkan, anda tidak perlu tahu bagaimana alam semsta ini berekaksi , alam semsta menjawab, (3) menerima, bila itu tidak terlaksana maka kita menyadari keinginannkan, kita wujudkan sedikit-sedikit apa yang kita inginkan, seperti cerita anak kecil tadi , dia dapat menggambar sebuah sepeda dan menggambar dia menaiki sepeda tersebut, dan suatu hari orang tua atau kakeknya mengetahui, dan terjadilah apa yang diinginkannya, karena fansasi itu akan berubah jadi kenyataan .
Jangan mengatakan aku ingin ini, tapi merasakan tidak bisa., kita harus langsung bereaksi dengan kecepatan , kita harus memperhatikan apa yang kita inginkan, contohnya kita seperti kita naik mobil dalam malam yang , dengan jarak pandang hanya 6 meter dari lampu mobil , dan itulah kehidupan, kita berjalan sedikit-demi sedikit menggapai tujuan kita, dan semua rahasia kehidupan terbuka sedikit demi sedikit didepan kita sebagai sesuatu yang kita sendiri akan tercengang mendapatkannya…
Jangan menduga-duga, bertindaklah, itu tugas kita, , anda akan menarik yang anda inginkan, berilah perhatian yang penuh pada yang anda inginkan, anda mulai perlahan-lahan dari yang tidak ada, dengan cara yang tidak ada menjadi sesuatu yang ada
Dr. Luther Martin King Jr. mengatakan Take the first step in faith, you don’t have to see the whole staircase , just take the first step, ambilah langkah pertama dengan penuh keyakitan , anda tidak harus melihat semua anak tangga cukup langkah di anak tangga pertama.
Kapan dapat terwujud, berkaitan dengan hubungan keselarasan kita dengan alam semesta.. bagaimana kita menarunya, bayangkan tempat yang anda inginkan dan anda akan mendapatkannya, banyak orang yang merasa terpenjara dalam dirinya, karena kita terus berfikir itu terus menerus, kita memikirkan itu hukum daya tarik bekerja, kebanyakan ,kita mendapatkan yang kita pikirkan.
Budha mengatakan, all that we are is the result of what we have thought , kita adalah hasil dari apa yang kita pikirkan.
DR. Joe Vitale MSC. D (metaphysician) Powerful processes : 1 gratitude (mulai dengan membuat daftar hal-hal yang anda syukuri. Menghargai dan bersyukur akan menarik hal hal yang baik bagi dirikan, focus pada hal yang kita hargai dari pada diri kita. Jangan berfikir terhadap yang tidak kita miliki , tapi yang kita punya, 2. visualize (processes membayangkan dalam pikiran. Dr Denus Wattley Ph.D Psychologist. Mengadakan penelitian seorang atlit di suruh membayangkan dia sedang berlari . dengan visulisasi sama ketika mereka bertanding, didapatkan otot-otot mereka bereaksi sama dengan ketika mereka berlari, hal ini karena otak tidak dapat membedakan apakah ini dilakukan secara khayal atau secara real.
F.Latihan Otak Dengan Optimalisasi Fungsi dengan Metode Fritx’s Brain
TIM POWER BRAIN INDONESIA mengeluarkan buku bagaimana kita dapat melatih otak kita mininal 10 menit dalam sehari selama 30 hari dengan metode Frits”Brain,(2005), antara lain dibab ini akan disebutkan beberapa latihan, yang dilakukan tiap hari.
A. Latihan mengolah otak
Hari 1
Latihan asosiasi persamaan
Buatlah asosiasi persamaan dari kata-kata : tiang listrik – ban mobil, (karena keduanya memiliki elemen logam), petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 2
Latihan Asosiasi perbedaan, contoh kata-kata: laki-laki , perempuan, pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 3
Daya Ingat, hafalkan kata-kata dibawah ini , menghafal 5 menit (umur >15 tahun , 3 menit) daftar kata-kata seperti meja, pintu, televisi, pensil. Garpu, lagu , buku, baru, rakus, cuka. Petunjuk, umur 5-10 tahun cukup ingat 6 kata, 10- 15 tahun cukup 10 kata,> 15 tahun mengingat 10 kata dalam waktu 3 menit.
Hari 4
Kecerdasan musikal, dengarkan 2 lagu klasikm tulis kesannya terhadap lagu tersebut dalam kalimat panjang tidak lebih dari 5 kata. Contohnya, keduanya sangat menggugah perasaanku.
Hari 5
Keseimbangan otak kiri dan kanan, buatlah gambar seperti contoh berikut dengan ketentuan : – bagi yang biasa menggunakan tangan kanan untuk kegiatan ini gunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya, apabila selesai menggambar dengan ketentuan diatas gambar lagi dengan ke dua tangan diatas
Hari 1
Latihan asosiasi persamaan
Buatlah asosiasi persamaan dari kata-kata : tiang listrik – ban mobil, (karena keduanya memiliki elemen logam), petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 2
Latihan Asosiasi perbedaan, contoh kata-kata: laki-laki , perempuan, pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 3
Daya Ingat, hafalkan kata-kata dibawah ini , menghafal 5 menit (umur >15 tahun , 3 menit) daftar kata-kata seperti meja, pintu, televisi, pensil. Garpu, lagu , buku, baru, rakus, cuka. Petunjuk, umur 5-10 tahun cukup ingat 6 kata, 10- 15 tahun cukup 10 kata,> 15 tahun mengingat 10 kata dalam waktu 3 menit.
Hari 4
Kecerdasan musikal, dengarkan 2 lagu klasikm tulis kesannya terhadap lagu tersebut dalam kalimat panjang tidak lebih dari 5 kata. Contohnya, keduanya sangat menggugah perasaanku.
Hari 5
Keseimbangan otak kiri dan kanan, buatlah gambar seperti contoh berikut dengan ketentuan : – bagi yang biasa menggunakan tangan kanan untuk kegiatan ini gunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya, apabila selesai menggambar dengan ketentuan diatas gambar lagi dengan ke dua tangan diatas
Hari 6
Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, untuk melatih koordinasi, lemparkan sehelai kertas yang telah diremas-remas kedalam keranjang sampah dengan jarak 3 meter, tingkatkan atau kurangi jarak untuk menyesuaikan tinggkat kesulitan, Petunjuk, umur 5-10 tahun , jarak kuran gdari 2 meter, umur 10 – 15 tahun , jarak kurang dari 3 meter, umur diatas 15 tahn , jarak keranjang 4 meter.
Hari 7
Kecerdasan Inter dan Intra personal, tuliskan /sebutkan 5 orang nama teman-teman and a beserta sifat-sifat baik mereka.
Hari 8
Asosiasi persamaan, buatkan asosiasi persamaan antara kata-kata : globe (bola dunia) , kue donat. petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 9
Asosiasi perbedaan, buatlah asosiasi ini dengan kata-kata, garpu, sendok, Pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 10
Daya ingat, sama seperti petunjuk diatas, hari ke-3, tapi menggunakan gambar.
Hari 11
Kecerdasan musikal dan kecerdasan logis matematika, dengan mendengar lagu klasik (khususnya mozart), saat mendengar lagu, lakukan pengurangan didalam pikiran anda contoh 100-7=93, 93-7=86, sampai tidak dapat dikurangi lagi, kemudian tulis kesan anda dengan 5 kata.
Latihan ini akan berulang dilakukan sampai 30 hari
Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, untuk melatih koordinasi, lemparkan sehelai kertas yang telah diremas-remas kedalam keranjang sampah dengan jarak 3 meter, tingkatkan atau kurangi jarak untuk menyesuaikan tinggkat kesulitan, Petunjuk, umur 5-10 tahun , jarak kuran gdari 2 meter, umur 10 – 15 tahun , jarak kurang dari 3 meter, umur diatas 15 tahn , jarak keranjang 4 meter.
Hari 7
Kecerdasan Inter dan Intra personal, tuliskan /sebutkan 5 orang nama teman-teman and a beserta sifat-sifat baik mereka.
Hari 8
Asosiasi persamaan, buatkan asosiasi persamaan antara kata-kata : globe (bola dunia) , kue donat. petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 9
Asosiasi perbedaan, buatlah asosiasi ini dengan kata-kata, garpu, sendok, Pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 10
Daya ingat, sama seperti petunjuk diatas, hari ke-3, tapi menggunakan gambar.
Hari 11
Kecerdasan musikal dan kecerdasan logis matematika, dengan mendengar lagu klasik (khususnya mozart), saat mendengar lagu, lakukan pengurangan didalam pikiran anda contoh 100-7=93, 93-7=86, sampai tidak dapat dikurangi lagi, kemudian tulis kesan anda dengan 5 kata.
Latihan ini akan berulang dilakukan sampai 30 hari
B.TEORI LATIHAN
1. Asosiasi persamaan dan perbedaan ditujukan untuk meningkatkan fungsi kreativitas otak dan kecerdasan verbal, fungsi ini penting dilatih tiap hari, sehingga otak selalu berfikir, jawaban yang lucu juga tidak dilarang selama masih ada logikanya. Jangan takut berimajinasi.
2. Daya Ingat, merupakan hal yang penting bagi semua orang, bahkan keluhan dari kebanyakan adalah masalah daya ingat yang menurun, latihan ini akan menguji daya ingat terbaru/recent memory. Kemampuan daya ingat ditentukan antara lain bagaimana kita menyimpanm bagaimana, otak memanggil kembalim fakto atensi, konsentrasi.
3. Koordinasi merupakan salah satu fungsi oleh otak kecil, dengan latihan ini secara tidak langsung kita, menstimulasi otak kecil.
4. Stereognosis, merupakan kemampuan mengenal bentuk benda melalui perabaan. Dan kemampuan ini tiap orang berbeda
5. Fungsi keseimbangan, dipertahankan dengan 3 komponen : yaitu indera penglihatan dan organ keseimbangan baik secara statis maupun dinamism yang keduannya terletak di dalam telingan dan diteruskan ke syaraf kepala vestbulocochlearis
6. Kecerdasan musikan, musik dianggap bahan asupan bagi otak kita bila tidak di penuhi maka aspek bermusik otak kita tidak akan berkembang. Musik dapat mempengaruhi mood, sehingga menjadi tenang, perasaan menjadi damai.
7. Keseimbangan otak kiri dan kanan, aspek musik terletak di otak kanan, aspek kata-kata di otak kiri,
1. Asosiasi persamaan dan perbedaan ditujukan untuk meningkatkan fungsi kreativitas otak dan kecerdasan verbal, fungsi ini penting dilatih tiap hari, sehingga otak selalu berfikir, jawaban yang lucu juga tidak dilarang selama masih ada logikanya. Jangan takut berimajinasi.
2. Daya Ingat, merupakan hal yang penting bagi semua orang, bahkan keluhan dari kebanyakan adalah masalah daya ingat yang menurun, latihan ini akan menguji daya ingat terbaru/recent memory. Kemampuan daya ingat ditentukan antara lain bagaimana kita menyimpanm bagaimana, otak memanggil kembalim fakto atensi, konsentrasi.
3. Koordinasi merupakan salah satu fungsi oleh otak kecil, dengan latihan ini secara tidak langsung kita, menstimulasi otak kecil.
4. Stereognosis, merupakan kemampuan mengenal bentuk benda melalui perabaan. Dan kemampuan ini tiap orang berbeda
5. Fungsi keseimbangan, dipertahankan dengan 3 komponen : yaitu indera penglihatan dan organ keseimbangan baik secara statis maupun dinamism yang keduannya terletak di dalam telingan dan diteruskan ke syaraf kepala vestbulocochlearis
6. Kecerdasan musikan, musik dianggap bahan asupan bagi otak kita bila tidak di penuhi maka aspek bermusik otak kita tidak akan berkembang. Musik dapat mempengaruhi mood, sehingga menjadi tenang, perasaan menjadi damai.
7. Keseimbangan otak kiri dan kanan, aspek musik terletak di otak kanan, aspek kata-kata di otak kiri,
C.Macam-macam kecerdasan
1. Kecerdasan Verbal merupakan salah satu bagian dari multi kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, orang yang memiliki kecerdasan verbal yang tinggi tidak saja mampu mengolah kata-kata dengan efektif tapi juga mampu menginterprestasikan sesuatu yang tersurat dengan baik.
2. Kecerdasan Intrapersonal, memahami diri sendiri , mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri, dia tidak akan mau melakukan sesuatu diluar batas kemapuannya. Kesuksesan juga ditentukan oleh bagaimana kita mengenal diri sendiri;
3. Kecerdasan Interpersonal, merupakan suatu kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain, kesuksesan berawal dari langkah tersebut.
4. Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini memberikan kemampuan kita mengenali segala macam benda yang mati dan hidup. Guna mencapai tujuan dan kesuksesan kita. Contohnya yang sederhana , film Mc Giver , seorang yang dapat menggunakan alat sekitar yang sederhana untuk memcari jalan menyelamatkan diri.
5. Kecerdasan Spasial , kemampuan menentukan arah dan posisi merupakan bakat yang diusung oleh orang-orang dengan kecerdasan spasial yang baik. Bila tidak di latih, kita siap-siap nyasar saat membawa kendaraan dan tidak dapat mengambil keputusan berdasarkan logika.
6. Kecerdasan Ekstensial, bahwa kecerdasan ini bahwa ia memberikan kita kemampuan untuk selalu menghargai apa yang ada dan apa yang menimpa kita agar dapat kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
7. Kecerdasan logis Matematis, kecerdasan ini paling sering diukur dalam tes IQ, bila kecerdasan ini tinggi, dia akan sanggup menggunakan akal dan logika dalam memecahkan masalah. Walaupun demikian kita tidak boleh memberi kesimpulan seseorang bodoh hanya karena faktor IQ saja.
8. kecerdasan Kinestetik, kecerdasan ini terdiri dari olah tubuh, olah raga, bila kita ingin sehar maka dengan olah raga dan pola hidup yang seimbang maka kita dapat lebih sehat
1. Kecerdasan Verbal merupakan salah satu bagian dari multi kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, orang yang memiliki kecerdasan verbal yang tinggi tidak saja mampu mengolah kata-kata dengan efektif tapi juga mampu menginterprestasikan sesuatu yang tersurat dengan baik.
2. Kecerdasan Intrapersonal, memahami diri sendiri , mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri, dia tidak akan mau melakukan sesuatu diluar batas kemapuannya. Kesuksesan juga ditentukan oleh bagaimana kita mengenal diri sendiri;
3. Kecerdasan Interpersonal, merupakan suatu kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain, kesuksesan berawal dari langkah tersebut.
4. Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini memberikan kemampuan kita mengenali segala macam benda yang mati dan hidup. Guna mencapai tujuan dan kesuksesan kita. Contohnya yang sederhana , film Mc Giver , seorang yang dapat menggunakan alat sekitar yang sederhana untuk memcari jalan menyelamatkan diri.
5. Kecerdasan Spasial , kemampuan menentukan arah dan posisi merupakan bakat yang diusung oleh orang-orang dengan kecerdasan spasial yang baik. Bila tidak di latih, kita siap-siap nyasar saat membawa kendaraan dan tidak dapat mengambil keputusan berdasarkan logika.
6. Kecerdasan Ekstensial, bahwa kecerdasan ini bahwa ia memberikan kita kemampuan untuk selalu menghargai apa yang ada dan apa yang menimpa kita agar dapat kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
7. Kecerdasan logis Matematis, kecerdasan ini paling sering diukur dalam tes IQ, bila kecerdasan ini tinggi, dia akan sanggup menggunakan akal dan logika dalam memecahkan masalah. Walaupun demikian kita tidak boleh memberi kesimpulan seseorang bodoh hanya karena faktor IQ saja.
8. kecerdasan Kinestetik, kecerdasan ini terdiri dari olah tubuh, olah raga, bila kita ingin sehar maka dengan olah raga dan pola hidup yang seimbang maka kita dapat lebih sehat
G. OPTIMALKAN OTAK KITA
Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
1. A =Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik.
2. L = Latihan Fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat
3. I = Informasi dan gizi , selalu berikan suplai informasi dan gizi pada otak
4. S = Santai , buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau
bermeditasi
5. S = Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan
otak
1. A = Aku mencintai, mencintai dengan tulus, karena ampuh melawan stress yang
merusak otak.
Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
1. A =Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik.
2. L = Latihan Fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat
3. I = Informasi dan gizi , selalu berikan suplai informasi dan gizi pada otak
4. S = Santai , buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau
bermeditasi
5. S = Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan
otak
1. A = Aku mencintai, mencintai dengan tulus, karena ampuh melawan stress yang
merusak otak.
Saran-saran Jean Casper untuk cerdas dengan makanan seperti yang di sari oleh Jalaluddin Rahmat dalam bukunya berjudul Belajar Cerdas , belajar berbasis otak.dibawah ini. Hanya 9 yang dimasukan oleh penulis, kiat ke 10 menjadi tambahan yang di ganti oleh penulis.
1.Makan multivitamin,
Penelitian membuktikan bahwa vitamin dan mineral yang secukupnya dapat memelihara otak , meningkatkan kemampuan intelektual, tidak hanya bayi, orang tua juga perlu vitamin dan mineral, menunjang otak yang menua, penelitian membuktikan orang tua yang makan vitamin bertahun-tahun punya fungsi kognitif yang lebih baik.
Vitamin B sangat penting merawat otak yang menua dan mencegah dimensia , depresi., Vitamin B12 adalah makanan otak , terlibat dalam pembuatan sintesis protein, yang membentuk selubung pelindung yang mengelilingi neuron dan memungkinkan neuron mencatat serta menarik kembali ingatan. Michael Freedman , kepala bagian geriatri di New york University Medical Centre meyakini bahwa 7 – 15 % dari seluruh jumlah manula menderita kekurangan B12 karena kandungan asam lambung berkurang dengan sejalan usia sehingga pencernaan vitamin B 12 lebih sulit dilakukan.(Kennet Giuffree, Theresa, 1999: 67 )
2.Makan vitamin anti oksidan
makan pil multivitamin aja enggak cukup tampa Vit E dan C yang , asam alfa lipotik, dan koenzim Q 10, beberapa penelitian membuktikan orang yang hanya minum multivitamin saja tampa vitamin E akan mengalami penurunan fungsi kognitif. Dan tidak satupun orang tua yang makan vitamin E dan C menderita alzeimer.. kalau perlu anda mengambil anti oksidan sekaligus kata Dr. Lester Packer dari Universitas California , karena anti oksidan tidak bekerja sendirian, kekuatan antioksudan menjadi lebih kuat bila digunakan bersama-sama.
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
Berarti buah dan sayuran yang dipenuhi anti oksidan, penelitian membuktikan binatang yang diberikan makanan anti oksidan tinggu lebih lambat kerusakan otaknya. Lebih tinggi kemampuan mentalnya. Lebih mampu mengembalikan memorinya dalam usia tua. Sangat menabjubkan bahwa sayuran dapat meremajakan otak, umumnya buah-buahan kaya dengan anti oksidan, jika camilan kita ganti dari keripik ke apel , prem , kismis maka kemampuan intelektual dan kebahagian emosional dapat ditingkatkan.
4.Minum Teh
Dr. John Weisburger , peneliti di American Health Foundation, bahwa minum teh adalah cara termudah dan tercepat memasukan anti oksidan kedalam tubuh dan otak, dengan minum teh dalam waktu singkat masuklan 1200 ORAC antioksidan, 1/3 dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian.
5. Hindari Lemak yang buruk
Lemak yang buruk seperti yang ada pada makanan siap saji, seperti burger , lemak tersebut akan menurut penelitian akan merusak konfigurasi membram sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan synaps dan mengguncangkan biokimia dari neurotransmiter, pembawa pesan dalam otak. Sama bahayanya terhadap sel adalah minyak goreng yang terlalu jenuh yang mengandung OMEGA 6 , disinyalir omega 6 dapat menimbulkan rangkaian peradarangan kronis didalam jaringan otak yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak dan serangan otak dan penyakit alzheimer. Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti margarine, donat, kentang cepat saji dapat merusak pembuluh darah ke dalam otak.
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
Dengan memakan ikan dengan suplemennya, lemak yang dibutuhkan ini menjadi suplemen otak, membangn struktur otak, dan membantu metabolisme otak, menumbuhkan dendrit dan sinaps, membuat hati senang dan tenang. kegagalan mendapatkan omega 3, berakibat rendahnya IQ pada taraf selanjutnya. Sejarah membuktikan untuk menghancurkan bangsa Indonesia Belanda mempropaganda bahwa ikan tidak baik untuk di konsumsi , bisa menyebab kan cacingan, mata belekan, anak korengan , ASI akan bau amis. dan lain-lain.
Salah satu minyak ikan yang mengandung DHA, terbukti meningkatkan kekuatan otak, memori, mencegah dan mengobati Alzheimer.
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tidak bagus untuk badan dan otak karena kelebihan gula dapat menimbulkan resistensi insulin, bisa menyebabkan kenaikan gula darah , bila terus menerus meningkat di darah, pembuluh darah mudah rusak, bila terjadi di pembuluh darah otak menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi otak.
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
kelebihan berat badan menimbulkan resistensi insulin , tekanan darah tinggi dan diabetes melitus, kerusakan memori, mengurangi kerusakan otak dari perusakan radikal bebas dengan mengurangi kalori.
9. Hindari stress, dan berolah raga
Stress mental , biasanya akan membajiri otak dengan, adrenalin, dan kortisol yang menimbulkan stress,ini dapat menimbulkan kerusakan neuron otak. Olah raga membuktikan meningkatkan aliran darah keotak , membebaskan darah dari penggumpalan, memperbesar memori dan kemampuan belajar. Olah raga meningkatkan kadar serotonin dasar dalam otak, ini menurunkan depresi dan memperbaiki pola tidur, juga menurunkan kortisol yang biasanya jumlah nya berlebihan pada saat depresi dan stress.
1.Makan multivitamin,
Penelitian membuktikan bahwa vitamin dan mineral yang secukupnya dapat memelihara otak , meningkatkan kemampuan intelektual, tidak hanya bayi, orang tua juga perlu vitamin dan mineral, menunjang otak yang menua, penelitian membuktikan orang tua yang makan vitamin bertahun-tahun punya fungsi kognitif yang lebih baik.
Vitamin B sangat penting merawat otak yang menua dan mencegah dimensia , depresi., Vitamin B12 adalah makanan otak , terlibat dalam pembuatan sintesis protein, yang membentuk selubung pelindung yang mengelilingi neuron dan memungkinkan neuron mencatat serta menarik kembali ingatan. Michael Freedman , kepala bagian geriatri di New york University Medical Centre meyakini bahwa 7 – 15 % dari seluruh jumlah manula menderita kekurangan B12 karena kandungan asam lambung berkurang dengan sejalan usia sehingga pencernaan vitamin B 12 lebih sulit dilakukan.(Kennet Giuffree, Theresa, 1999: 67 )
2.Makan vitamin anti oksidan
makan pil multivitamin aja enggak cukup tampa Vit E dan C yang , asam alfa lipotik, dan koenzim Q 10, beberapa penelitian membuktikan orang yang hanya minum multivitamin saja tampa vitamin E akan mengalami penurunan fungsi kognitif. Dan tidak satupun orang tua yang makan vitamin E dan C menderita alzeimer.. kalau perlu anda mengambil anti oksidan sekaligus kata Dr. Lester Packer dari Universitas California , karena anti oksidan tidak bekerja sendirian, kekuatan antioksudan menjadi lebih kuat bila digunakan bersama-sama.
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
Berarti buah dan sayuran yang dipenuhi anti oksidan, penelitian membuktikan binatang yang diberikan makanan anti oksidan tinggu lebih lambat kerusakan otaknya. Lebih tinggi kemampuan mentalnya. Lebih mampu mengembalikan memorinya dalam usia tua. Sangat menabjubkan bahwa sayuran dapat meremajakan otak, umumnya buah-buahan kaya dengan anti oksidan, jika camilan kita ganti dari keripik ke apel , prem , kismis maka kemampuan intelektual dan kebahagian emosional dapat ditingkatkan.
4.Minum Teh
Dr. John Weisburger , peneliti di American Health Foundation, bahwa minum teh adalah cara termudah dan tercepat memasukan anti oksidan kedalam tubuh dan otak, dengan minum teh dalam waktu singkat masuklan 1200 ORAC antioksidan, 1/3 dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian.
5. Hindari Lemak yang buruk
Lemak yang buruk seperti yang ada pada makanan siap saji, seperti burger , lemak tersebut akan menurut penelitian akan merusak konfigurasi membram sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan synaps dan mengguncangkan biokimia dari neurotransmiter, pembawa pesan dalam otak. Sama bahayanya terhadap sel adalah minyak goreng yang terlalu jenuh yang mengandung OMEGA 6 , disinyalir omega 6 dapat menimbulkan rangkaian peradarangan kronis didalam jaringan otak yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak dan serangan otak dan penyakit alzheimer. Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti margarine, donat, kentang cepat saji dapat merusak pembuluh darah ke dalam otak.
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
Dengan memakan ikan dengan suplemennya, lemak yang dibutuhkan ini menjadi suplemen otak, membangn struktur otak, dan membantu metabolisme otak, menumbuhkan dendrit dan sinaps, membuat hati senang dan tenang. kegagalan mendapatkan omega 3, berakibat rendahnya IQ pada taraf selanjutnya. Sejarah membuktikan untuk menghancurkan bangsa Indonesia Belanda mempropaganda bahwa ikan tidak baik untuk di konsumsi , bisa menyebab kan cacingan, mata belekan, anak korengan , ASI akan bau amis. dan lain-lain.
Salah satu minyak ikan yang mengandung DHA, terbukti meningkatkan kekuatan otak, memori, mencegah dan mengobati Alzheimer.
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tidak bagus untuk badan dan otak karena kelebihan gula dapat menimbulkan resistensi insulin, bisa menyebabkan kenaikan gula darah , bila terus menerus meningkat di darah, pembuluh darah mudah rusak, bila terjadi di pembuluh darah otak menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi otak.
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
kelebihan berat badan menimbulkan resistensi insulin , tekanan darah tinggi dan diabetes melitus, kerusakan memori, mengurangi kerusakan otak dari perusakan radikal bebas dengan mengurangi kalori.
9. Hindari stress, dan berolah raga
Stress mental , biasanya akan membajiri otak dengan, adrenalin, dan kortisol yang menimbulkan stress,ini dapat menimbulkan kerusakan neuron otak. Olah raga membuktikan meningkatkan aliran darah keotak , membebaskan darah dari penggumpalan, memperbesar memori dan kemampuan belajar. Olah raga meningkatkan kadar serotonin dasar dalam otak, ini menurunkan depresi dan memperbaiki pola tidur, juga menurunkan kortisol yang biasanya jumlah nya berlebihan pada saat depresi dan stress.
10.Hindari rokok
Rokok adalah radikal bebas yang mengandung jutaan racun yang lama-lama akan menghancurkan system metabolisme tubuh, menyebabkan kanker, dan mempermudah terjadinya arteriklerosis pada pembuluh darah, yang lama-lama dapat merusak organ yang diperdarahinya, bila mengenai otak akan menyebabkan stroke, bila ke jantung menyebabkan jantung koroner, dan lain-lain.
Rokok adalah radikal bebas yang mengandung jutaan racun yang lama-lama akan menghancurkan system metabolisme tubuh, menyebabkan kanker, dan mempermudah terjadinya arteriklerosis pada pembuluh darah, yang lama-lama dapat merusak organ yang diperdarahinya, bila mengenai otak akan menyebabkan stroke, bila ke jantung menyebabkan jantung koroner, dan lain-lain.
H. HUBUNGAN IQ, EQ, Dan SQ
Manusia yang paripurna harus mempunyai kecerdasan otak , kecerdasan secara emosional dan spiritual.
Goleman mengemukakan lima pengelolaan emosi untuk mencapai kecerdasan emosi yaitu:
1. Mengenali emosi diri
2. Mengelola emosi
3. Memotivasi diri sendiri
4. Mengenali emosi orang lain
5. Membina hubungan
Danah Zohar menyebutkan tanda-tanda seseorang yang memiliki kapasitas SQ yang berkembang sebagai berikut :
1. Kemampuan bersikap fleksibel (adaptif secara spontan dan aktif).
2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi.
3. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit.
4. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan.
5. Kualitas hidup yang dilhami oleh visi dan nilai-nilai..
6. Mempunyai kecenderungan untuk melihat sesuatu secara holistik.
7. Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu.
8. Kecenderungan nyata untuk bertanya “Mengapa?” dan “Bagaimana?” untuk mencari jawaban yang mendasar.
9. Menjadi apa yang disebut oleh para psikolog sebagai “bidang mandiri” / field independent.
Manusia yang paripurna harus mempunyai kecerdasan otak , kecerdasan secara emosional dan spiritual.
Goleman mengemukakan lima pengelolaan emosi untuk mencapai kecerdasan emosi yaitu:
1. Mengenali emosi diri
2. Mengelola emosi
3. Memotivasi diri sendiri
4. Mengenali emosi orang lain
5. Membina hubungan
Danah Zohar menyebutkan tanda-tanda seseorang yang memiliki kapasitas SQ yang berkembang sebagai berikut :
1. Kemampuan bersikap fleksibel (adaptif secara spontan dan aktif).
2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi.
3. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit.
4. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan.
5. Kualitas hidup yang dilhami oleh visi dan nilai-nilai..
6. Mempunyai kecenderungan untuk melihat sesuatu secara holistik.
7. Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu.
8. Kecenderungan nyata untuk bertanya “Mengapa?” dan “Bagaimana?” untuk mencari jawaban yang mendasar.
9. Menjadi apa yang disebut oleh para psikolog sebagai “bidang mandiri” / field independent.
Kecerdasan spiritual dalam Islam didapat dengan ibadah. Pengelolaan terhadap Hati. Hati Menurut al-tirmidzi, hati memiliki empat stasiun : dada, hati, hati-lebih-dalam, dan lubuk hati terdalam. Keempat stasiun ini saling bersusun bagaikan sekumpulan lingkaran. Dada adalah lingkaran terluarnya, hati dan hati-lebih-dalam berada pada kedua lingkaran tengah, sedangkan inti dari hati terletak di pusat lingkaran.(Frager, Syekh Raqib al-jerahi,2003:57)
Ditambahkan lagi menurut Frager, bahwa tiap-tiap stasiun mewadahi cahaya sendiri. Dada mewadahi cahaya alamiah dari bentuk praktik setiap agama, hati mewadahi cahaya iman. Hati-lebih-dalam mewadahi cahaya makrifat, atau pengetahuan akan kebenaran spiritual. Lubuk-hati-terdalam mewadahi cahaya, cahaya kesatuan dan cahaya keunikan, yang merupakan wajah Ilahi. Tiap-tiap stasiun juga dikaitkan dengan tingkat spiritual yang berbeda-beda, tingkat pengatahuaan serta pemahaman yang berbeda, juga tingkat nafs yang berbeda (Frager 2003:58)
Tabel 2. Perbedaan Dada, Qalb, Fuad dan Lubb
Dada/Shadr Qalb Hati-lebih-dalam
(Fuad) Lubuk-hati terdalam (Lubb)
Ditambahkan lagi menurut Frager, bahwa tiap-tiap stasiun mewadahi cahaya sendiri. Dada mewadahi cahaya alamiah dari bentuk praktik setiap agama, hati mewadahi cahaya iman. Hati-lebih-dalam mewadahi cahaya makrifat, atau pengetahuan akan kebenaran spiritual. Lubuk-hati-terdalam mewadahi cahaya, cahaya kesatuan dan cahaya keunikan, yang merupakan wajah Ilahi. Tiap-tiap stasiun juga dikaitkan dengan tingkat spiritual yang berbeda-beda, tingkat pengatahuaan serta pemahaman yang berbeda, juga tingkat nafs yang berbeda (Frager 2003:58)
Tabel 2. Perbedaan Dada, Qalb, Fuad dan Lubb
Dada/Shadr Qalb Hati-lebih-dalam
(Fuad) Lubuk-hati terdalam (Lubb)
Cahaya alamiah
Cahaya iman
Cahaya makrifat
Cahaya kesatuan dan keunikan
Cahaya iman
Cahaya makrifat
Cahaya kesatuan dan keunikan
Pencarian
Beriman
Arif
Bersatu
Beriman
Arif
Bersatu
Pengetahuan tentang tindakan yang benar
Pengetahuan batiniah
Penglihatan batiniah
Sikap ilahiah
Penglihatan batiniah
Sikap ilahiah
Tirani
Penuh penyesalan
Terilhami
Tenteram
Terilhami
Tenteram
Qalbu atau hati manusia itu menurut Ahmad Tafsir seperti lilin yang menyala, mulanya nyala itu kecil saja. Lilin menyala itu terletak dalam sirr, sirr itu dalam lubb, lubb itu didalam syaghaf , syafgaf itu didalam fu’ad dan fu’ad itu didalam qalb (kalbu ) dan seterusnya.(Tafsir,2006:29)
Menurut Hadist , bahwa Rasulullah bersabda dalam hadist qutsi : ” aku jadikan pada manusia itu ada istana (qash). Didalam istana itu ada (shadr) , didalam shadr itu ada kalbu (qalb), didalam qalb itu ada Fu’ad , didalam fu’ad itu ada syaghaf, didalam syaghaf itu ada lubb, didalam lubb ada sirr, dan didalam sirr itu ada aku (Ana). Susunan itu lebih jelas dalam gambar diatas. Hadist ini menjelaskan bahwa aku menjadi inti. Aku didalam hadist ini adalah Allah yang bersifat Ilahiyah
Gambar 1. 4 Stasiun Hati
Menurut Hadist , bahwa Rasulullah bersabda dalam hadist qutsi : ” aku jadikan pada manusia itu ada istana (qash). Didalam istana itu ada (shadr) , didalam shadr itu ada kalbu (qalb), didalam qalb itu ada Fu’ad , didalam fu’ad itu ada syaghaf, didalam syaghaf itu ada lubb, didalam lubb ada sirr, dan didalam sirr itu ada aku (Ana). Susunan itu lebih jelas dalam gambar diatas. Hadist ini menjelaskan bahwa aku menjadi inti. Aku didalam hadist ini adalah Allah yang bersifat Ilahiyah
Gambar 1. 4 Stasiun Hati
Qashr
Hati menentukan tingkah laku, hati yang bersih akan terlihat dari tingkah laku .dan kepribadian. Otak yang cerdas bila tidak dibarengi dengan kecerdasan emosional dan spiritual tidak akan membentuk manusia yang paripurna.
KESIMPULAN
Otak adalah organ unik manusia yang sangat penting untuk mengatur proses berpikir, kesadaran, memori, emosi, kepribadian. Secara garis besar terdiri atas, korteks cerebri, batang otak dan sistem limbik. Korteks cerebri berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa. Sistek limbik berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional. Batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik.
Otak manusia yang terbagi kanan kiri mempunyai fungsi berbeda, otak kiri berfungsi untuk berfikir secara rasional , berkaitan dengan matematika, berbahasa, menganalisa, kontrol tangan kanan. Otak kanan berkaitan dengan berfikir intuitif, seni, estetika, musik, kontrol tangan kiri. Orang yang kidal mempunyai dominasi terhadap otak kanan.
Otak harus dioptimalisasi kerjanya, dengan latihan keseimbangan otak kanan dan kiri , kita dapat melakukan latihan otak seperti : : latihan asosiasi persamaa, latihan Asosiasi perbedaan, daya Ingat, kecerdasan musikal, keseimbangan otak kiri dan kanan, koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Inter dan Intra personal, asosiasi persamaan’dan seterusnya berulang seperti diatas
Otak adalah organ unik manusia yang sangat penting untuk mengatur proses berpikir, kesadaran, memori, emosi, kepribadian. Secara garis besar terdiri atas, korteks cerebri, batang otak dan sistem limbik. Korteks cerebri berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa. Sistek limbik berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional. Batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik.
Otak manusia yang terbagi kanan kiri mempunyai fungsi berbeda, otak kiri berfungsi untuk berfikir secara rasional , berkaitan dengan matematika, berbahasa, menganalisa, kontrol tangan kanan. Otak kanan berkaitan dengan berfikir intuitif, seni, estetika, musik, kontrol tangan kiri. Orang yang kidal mempunyai dominasi terhadap otak kanan.
Otak harus dioptimalisasi kerjanya, dengan latihan keseimbangan otak kanan dan kiri , kita dapat melakukan latihan otak seperti : : latihan asosiasi persamaa, latihan Asosiasi perbedaan, daya Ingat, kecerdasan musikal, keseimbangan otak kiri dan kanan, koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Inter dan Intra personal, asosiasi persamaan’dan seterusnya berulang seperti diatas
Ada 10 sehat untuk mencerdaskan otak:
1.Makan multivitamin,
2.Makan vitamin anti oksidan
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
.4.Minum Teh
5. Hindari Lemak yang buruk
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
9. Hindari stress, dan berolah raga
10.Hindari rokok
1.Makan multivitamin,
2.Makan vitamin anti oksidan
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
.4.Minum Teh
5. Hindari Lemak yang buruk
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
9. Hindari stress, dan berolah raga
10.Hindari rokok
Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat, selalu berikan suplai informasi dan gizi pada , buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau bermeditasi Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan otak, mencintai dengan tulus, karena ampuh melawan stress yang merusak otak.
Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat, selalu berikan suplai informasi dan gizi pada , buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau bermeditasi Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan otak, mencintai dengan tulus, karena ampuh melawan stress yang merusak otak.
Law Of Atractian , kita selalu berfikiran positif, beraksi/iktiar, dan bersyukur terhadap yang ada pada kita, karena apa yang kita pikirkan dan kita usahakan adalah apa yang akan kita dapatkan, kesuksesan adalah buah pikiran positif kita dalam memjalankan hidup ini. Kita adalah apa yang kita pikirkan kata Budha, atau kata Winston Churchill anda menciptakan alam semesta sendiri sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own universe as you go along .
Untuk membentuk manusia yang paripurna tidak hanya cukup dengan cerdas pada intelegensia atau otak saja tapi manusia juga harus cerdas emosi dan spiritual.
Untuk membentuk manusia yang paripurna tidak hanya cukup dengan cerdas pada intelegensia atau otak saja tapi manusia juga harus cerdas emosi dan spiritual.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.thesecret.com
www. wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia
Price, Wilson ,Anatomi dan Fisiologi System Saraf , Penerbit EGC, Jakarta 2006
http://www.thesecret.com
www. wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia
Price, Wilson ,Anatomi dan Fisiologi System Saraf , Penerbit EGC, Jakarta 2006
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation.
Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, Quantum Learning.Kaifa, 2005
TIM POWER BRAIN INDONESIA, Latihan Otak.Nuansa, 2005
Taufik Pasiak, Manajemen Kecerdasan , memberdayakan IQ,EQ, dan SQ Untuk
Kesuksesan Hidup, Mizan, 2006
Daniel Goleman, Emotional Intelligence, Alih Bahasa T. Hermaya, Penerbit Gramedia
Jakarta, 1997
Armahendi Mahzar, Kecerdasan Spiritual Danah Zohar, Sebuah Telaah Kritis tentang SQ, Journal of Psyche, Desember 2002, Paramartha
Frager R (Syekh Ragib al-Jerahi Hati Diri dan Jiwa , Psikologi Sufi untuk Transformasi,
(Heart, sefl, & Soul) Penerjemah Hasmiyah Rauf, Penerbit Serambi, Jakarta,
2003
Jakarta, 1997
Armahendi Mahzar, Kecerdasan Spiritual Danah Zohar, Sebuah Telaah Kritis tentang SQ, Journal of Psyche, Desember 2002, Paramartha
Frager R (Syekh Ragib al-Jerahi Hati Diri dan Jiwa , Psikologi Sufi untuk Transformasi,
(Heart, sefl, & Soul) Penerjemah Hasmiyah Rauf, Penerbit Serambi, Jakarta,
2003
SUSBHANLLAH MAHA BESAR ALLAH
BalasHapus